Jumat, 20 Mei 2016

Sejarah Singkat STIE Muhammadiyah Tuban



A.  Sejarah Singkat STIE Muhammadiyah Tuban

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Muhammadiyah di Tuban berdiri atas dasar SK Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor : 178/D/0/2000 Tanggal 23 Agustus 2000 dengan memberikan Status Terdaftar kepada 2 (dua) Jurusan untuk jenjang Pendidikan Program S1, yaiutu : Jurusan Manajemen dan Jurusan Akuntansi yang diselenggarakan oleh Yayasan yang bernama Badan Penyelenggara Perguruan Tinggi Muhammadiyah (BP PTM) di Tuban.

B.   Visi, Misi dan Tujuan STIE Muhammadiyah Tuban
1.      Visi STIE Muhammadiyah Tuban
STIE Muhammadiyah Tuban menjadi Perguruan Tinggi yang mampu menguasai, menerapkan, dan mengembangkan IPTEKS, mempunyai keunggulan berdaya saing tinggi, berkedudukan nasional dengan berwawasan global, tanggap terhadap perkembangan dan permasalahan di masyarakat, sehingga dapat menghasilkan para lulusan yang cerdas, terampil, kreatif dan inovatif, unggul dalam penerapan, pengkajian, dan pengembangan IPTEKS, mampu menciptakan lapangan kerja, serta memiliki sikap dan perilaku sesuai dengan budaya bangsa berdasarkan undang-undang Dasar 1945.

2.      Misi STIE Muhammadiyah Tuban
a.       Menyelenggarakan pendidikan yang bermutu, profesional dan berkepribadian nasional dengan wawasan global.
b.      Menyelenggarakan kegiatan penelitian untuk mengkaji, menerapkan dan mengembangkan IPTEKS sehingga dapat memiliki keunggulan kompetitif dan memperkaya khasanah keilmuan.
c.       Mengembangkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat untuk membantu memecahkan permasalahan masyarakat dan meningkatkan pemahaman berkehidupan bermasyarakat.
d.      Mengembangkan iklim organisasi yang sehat dan harmonis.
e.       Meningkatkan sinergitas kemitraan dengan pemerintah, pemerintah daerah, industri dan masyarakat lainya.

3.      Tujuan STIE Muhammadiyah Tuban
a.       Menghasilkan lulusan yang bermutu, profesional dengan memiliki kualifikasi pengetahuan teoritis dan metodologis yang lebih komprehensif, serta memiliki sikap mental keilmuan dan berkepribadian nasional dengan wawasan global sehingga memiliki kemampuan daya saing yang handal dan mampu menciptakan lapangan kerja.
b.      Mengkaji, menerapkan, mengembangkan dan menyebarluaskan IPTEKS yang relevan dengan potensi dan kebutuhan pembangunan masyarakat sehingga dapat memiliki keunggulan kompetitif dan memperkaya khasanah keilmuan.
c.       Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat secara sistematis dan terpadu untuk membantu memecahkan permasalahan masyarakat dan meningkatkan pemahaman berkehidupan bermasyarakat.
d.      Merealisasikan iklim organisasi yang sehat dan harmonis.
e.       Merealisasikan sinergitas kemitraan dengan pemerintah, pemerintah daerah, industri dan masyarakat lainnya baik dalam maupun luar negeri secara bertahap.

C.  Tugas Pokok dan Fungsi STIE Muhammadiyah Tuban
1.      Tugas Pokok STIE Muhammadiyah Tuban
Tugas pokok STIE Muhammadiyah Tuban adalah menyelenggarakan pendidikan akademik dalam lingkup sejumlah disiplin ilmu pengetahuan dan teknologi yang diselenggarakan dalam bentuk program Sarjana strata-1 (S1).

2.      Fungsi STIE Muhammadiyah Tuban
a.       Melaksanakan dan mengembangkan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat sesuai dengan tujuan STIE Muhammadiyah Tuban.
b.      Menyusun rencana strategis dan langkah-langkah teknis.
c.       Memberdayakan secara optimal seluruh sumber daya (manusia, dana dan material) pendidikan untuk pengembangan STIE Muhammadiyah Tuban.
d.      Membina tenaga kependidikan, mahasiswa, karyawan dan alumni.
e.       Menjalin kerja sama dan kemitraan dengan pemerintah, pemerintah daerah, pelaku industri, dan masyarakat lainya, baik dari dalam maupun luar negeri.
f.       Mengevaluasi program secara periodik untuk peningkatan kualitas program berikutnya.
g.       Mengembangkan iklim organisasi yang sehat dan harmonis.
h.      Meningkatkan citra STIE Muhammadiyah Tuban.

0 komentar:

Posting Komentar